Rabu, 06 Februari 2008

Miliki Citra Diri yang Positif

Percaya nggak, dengan citra diri yang positif Anda terlihat jauh lebih oke ketimbang tidak. Dengan citra diri pula Anda akan lebih mudah meniti karir. Citra positif yang Anda miliki akan memudahkan Anda bergaul, menjalin hubungan dengan klien, memperlancar hubungan kemitraan, dll. Makanya bagi para eksekutif profesional, membangun citra diri yang positif merupakan hal yang sangat penting.

Konon, citra diri merupakan bagian dari kecakapan manajemen yang harus dimiliki oleh karyawan pada level manajer ke atas. Lalu gimana sih yang dimaksud citra diri? Nah Anda yang merasa belum paham mengenai citra diri, ada baiknya Anda simak dulu ciri-ciri orang yang memiliki citra diri positif. Coba intip deh:

  • Memiliki pandangan dan pikiran yang selalu positif. Dalam memandang apapun mereka tidak pernah melihatnya dari sisi negatif melainkan selalu mengambil hal-hal positif sekalipun dalam menghadapi masalah yang cukup pelik. Dalam soal prinsip pun mereka cukup teguh. Namun di saat yang sama mereka juga memiliki kemampuan mendengarkan dan menghargai pandangan orang lain yang berbeda dengannya.
  • Bersedia berubah bila terbukti bersalah. Sekalipun 'keukeh' dalam soal prinsip, mereka tak menutup diri untuk perubahan. Jika mereka menyadari kesalahannya, mereka tak sungkan-sungkan untuk berubah memperbaiki kesalahan tersebut.
  • Menerima kesalahan sebagai bagian dari proses belajar. Kesalahan yang pernah mereka lakukan selalu mereka jadikan pelajaran untuk mencapai yang lebih baik. Mereka tidak pernah berlarut-larut dalam kesalahan tersebut, dan bertekad menemukan apa penyebab terjadinya kesalahan dengan tujuan perbaikan. Mereka juga mau menerima kritik dengan pikiran positif.
  • Percaya diri dalam mengambil keputusan. Mereka memiliki pertimbangan yang cukup matang dalam setiap keputusan yang mereka ambil. Mereka tidak pernah ragu-ragu terhadap sesuatu yang dianggapnya benar.
  • Tidak emosional. Tiap manusia emang punya emosi dan itu manusiawi sekali, tapi orang-orang yang bercitra positif tidak mau dikuasai oleh emosi. Mereka jauh dari kesan emosional. Mereka bisa menyelesaikan masalah secara objektif dan realistis.
Nah apakah Anda sudah menjadi orang dengan citra diri yang positif? Tapi jika Anda merasa tidak sesuai dengan semua ciri-ciri tadi, jangan buru-buru mengklaim bahwa Anda tidak bisa memiliki citra positif. Semua ini bisa dipelajari dan ditumbuhkan, asal Anda memiliki kemauan. Pada intinya, untuk menjadi pribadi dengan citra positif, Anda harus mampu menolak aspek-aspek negatif yang membuat Anda tidak disukai lingkungan. Meskipun Anda hanya karyawan biasa tapi jika citra diri Anda telah terbentuk dengan baik, siapa tau aja besok Anda bisa mencapai level manajer atau CEO sekalipun. Selamat mencoba...!


Tidak ada komentar: