Kamis, 27 Desember 2007

Sukses Lewat Pola Pikir Kreatif

Buka mata Anda, carilah hal yang tidak dilihat orang lain. Buang jawaban yang pertama terpikir, gali terus, cobalah untuk berpikir out of the box, berpikir kreatif.

Kreatifitas sering di asosiasikan dengan pekerjaan di bidang periklanan, marketing atau tim bisnis development, padahal kreatif telah menjadi bagian dari seluruh lini di perusahaan, bahkan untuk menghadapi pergulatan hidup sehari-hari pun dibutuhkan ide kreatif.

Sebenarnya orang seperti apa yang disebut sebagai orang yang kreatif ?

Secara sederhana kreatif berarti kemampuan untuk menghubungkan situasi yang kelihatannya tidak berkaitan, atau kemampuan untuk mencari inti masalah dalam situasi yang sangat kompleks.

Untuk mencapai kondisi kreatif kita butuh pengalaman-pengalaman sebelumnya untuk menyelesaikan masalah. Misalnya saat Anda ditunjuk untuk menyiapkan HUT kantor, lakukan evaluasi dari penyelenggaraan tahun lalu.

Di level selanjutnya, dibutuhkan pengetahuan teoritis untuk identifikasi masalah lalu menggunakan ilmu yang sesuai untuk memecahkan masalahnya.

Dalam tataran yang lebih tinggi, orang yang kreatif mampu menyederhanakan masalah yang kompleks dan rumit, bahkan bisa membuat konsep baru yang tidak dipikirkan orang lain.
Berimajinasi dengan menempatkan diri pada masalah yang sedang dihadapi orang lain juga bisa membantu kita berpikir kreatif.

Meski kita memiliki tingkat kemampuan yang berbeda tetapi pada dasarnya setiap orang memiliki kreatifitas. Berpikir secara kreatif bisa dilatih dalam kehidupan sehari-hari. Tak melulu soal masalah rumit, menentukan pakaian apa yang akan dipakai ke kantor hari ini juga butuh kreatifitas lho.

Lewat hal-hal kecil kita bisa membiasakan diri untuk mulai memecahkan masalah yang lebih besar secara kreatif. Salah satu contoh lain dari orang yang kreatif adalah memutar otak untuk menghasilkan pemasukan tambahan. Misalnya menyewakan mobil pribadi untuk kendaraan jemputan atau mengajar bahasa asing di luar jam kantor. (An)

Tidak ada komentar: